MANFAAT BUNGA ROSELLA

Manfaat Bunga Rosella
=========================








Hibiscus Sabdariffa atau yang sering disebut dengan Rosella ini saat ini memang begitu terkenal. Ternyata bunga rosella ini bisa di bikin obat seperti Obat Titanj Gel dan bunga rosella ini  memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan manusia. Namun sayangnya ada banyak orang yang belum tahu akan khasiat dari bunga rosella. Bunga ini sendiri sebenarnya bukan asli Indonesia namun ia sangat tumbuh subur di Indonesia. Awalnya tanaman ini sering dijadikan sebagai tanaman hias yang sangat cantik di dalam rumah. Namun seiring dengan berkembangnya jaman dan banyaknya penelitian, ternyata bunga rosella ini bisa dijadikan minuman pengobatan.
Kandungan Bunga Rosella

Selain digunakan sebagai minuman, ternyata bunga rosella bisa digunakan menjadi selai, jeli, ataupun teh. Bagian dari bunga rosella yang sangat bermanfaat untuk kesehatan yakni biji bunga dan kelopak bunga. Ternyata setelah diadakan penelitian, bunga rosella ini memiliki berbagai macam kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berbagai macam kandungan dari bunga rosella sendiri ialah:

Senyawa. Di senyawa rosella terdapat campuran dari malat dan asam sitrat hingga 13%, selain itu ada pula anthocyanin gossipetin hingga 2%, ada pula vitamin C, protein.

Asam lemak. Untuk kandungan asam lemak yang berada di dalam biji rosella seperti asam miristin sebanyak 2,1%, palmitin hingga 35,2%, asam palmitolik hingga 2%, stearat 3,4%, linoleat hingga 14,4% dan oleat sebanyak 34%.

Kandungan sterol. Kandungan sterol yang terdapat di minyak biji bunga rosella ialah b-sitosterol hingga 61,3%, kolesterol 5,1%, ergosterol 3,2%, dan kampasterol 15,5%.
Manfaat Bunga Rosella

Agar Anda mendapatkan manfaat optimal dari bunga rosella ini, Anda bisa merebus 3 hingga 5 kelopak rosella ke dalam segelas air, tambah sedikit gula ataupun madu. Selain bisa disajikan dalam keadaan hangat, Anda juga bisa menyajikan bunga rosella dengan menambahkan es batu. Bunga rosella juga bisa digunakan menjadi sirup atau pun minuman kesehatan yang bisa Anda nikmati sehari-hari.

Komentar